Connect with us

Lifestyle

Netizen Heboh Penampakan Sosok Bima di Kisah Horor KKN di Desa Penari, Begini Klarifikasi Penulisnya

Avatar

Published

on

Kisah hororKKN Desa Penariyang viral di twitter tersebut telah menjadi perbincangan publik. Awalnya kisah hororKKN Desa Penaridibagikan oleh akun anonim @SimpleM81378523 di twitter. Saking viralnya, tagar #kkndidesapenari pun trending di Twitter, Jumat (30/8/2019).

Dalam kisah ini, diceritakan tentang sekelompok mahasiswa yang melakukan KKN di sebuah desa di tengah hutan dan mengalami hal mistis. Sosok Bima dalam cerita 'KKN di Desa Penari' tidak lepas dari sorotan warganet. Ia adalah salah satu tokoh yang menjadi pemicu puncak rangkaian konflik cerita KKN di Desa Penari. Maka tak heran jika banyak warganet yang penasaran dengan siapa sosok Bima itu.

Beberapa waktu lalu di media sosial sempat beredar foto seorang laki laki yang tengah berpose di depan bangunan tua. Banyak warganet menduga bahwa laki laki tersebut merupakan sosok Bima. Dalam video yang diunggah Raditya Dika melalui kanal Youtube pribadinya, sang penulis mengklarifikasikan serta menegaskan jika itu tidak benar.

"Itu cuma hoax. Orang iseng yang sekadar ingin membagikan foto. Kebetulan dia ada di salah satu foto di thread yang saya jadikan penggambaran dari cerita yang saya sampaikan," jelas penulis. Baca:8 Fakta Unik Banyuwangi, Ada Rowo Bayu yang Dikaitkan dengan Kisah KKN Desa Penari Kemudian dalam unggahan terbaru dari akun SimpleMan sempat membagikan naskah ceritaKKN Desa Penariyang diduga akan dibuat novel.

Menanggapi hal tersebut para warganet beramai ramai mengkomentari unggahan tersebut. "Baru aja tadi ada klarifikasinya tentang ini di youtubnya bang radityadika ,masak langsung ada bukunya"@HaNisa38144404 "Kapan terbit tuh mas? Saya tunggu banget nih"@sandymaldini

"Kalo bukunya dicetak bakal ada foto mereka pas jaman KKN dulu gak yah dan lokasi aslinya ??? Haduh Penasaran sekali q ini"@zelia_summer "Ditulis dalam buku udah, tinggal nunggu dibikin dalam bentuk film aja ini mah"@fauziahnadha "Semoga ceritanya seoriginal mungkin ya,atau kalo ditambah bumbu2nya ga berlebihan"@Lalafitriaaaa

Seperti yang sudah diketahui, akun twitter SimpleMan menceritakan mengenaiKKN Desa Penariyang saat ini menjadi perbincangan publik. Penulis menyebutkan meski berdasarkan kisah nyata, tapi ia tak mau menyebut lokasi dimana kejadian tersebut. Begitu juga nama nama mahasiswa KKN yang disamarkannya.

Diceritakan ada 6 mahasiswa yang berasal dari sebuah perguruan tinggi di Kota S melakukan KKN di sebuah daerah terpencil yang berada di kawasan timur Provinsi Jawa Timur di akhir tahun 2009. Dialog dalam cerita tersebut yakni Bahasa Jawa selain itu penulis juga menyertakan terjemahannya dalam Bahasa Indonesia. Enam mahasiswa angkatan 2005/2006 tersebut yakni Widya, Nur, Ayu, Bima, Wahyu, dan Anton.

Kota S diyakini oleh netizen yakni adalah Surabaya. Simpang siur akan informasi lokasi yang beredar di linimasa, akunSimpleMankemudian memberikan konfirmasi terkait ceritaKKN di Desa Penaripada 26 Agustus 2019 lalu. Singkatnya, akun SimpleMan menjelaskan jika cerita tersebut adalah cerita dari teman ibunya.

Setelah dibahas,SimpleManmembungkus cerita tersebut menjadi narasi yang panjang dan nyaman untuk dibaca. SimpleMan juga menegaskan jika dirinya merasa bersalah telah membahas atau membuat teka teki lokasi Desa Penari tersebut. AkunSimpleManberharap jika rahasia dan teka teki dalam cerita biarlah menjadi rahasia.

Bahkan foto yang sempat dia unggah bukan berarti foto lokasi sebenarnya. Salah satu yang menjadii pertanyaan warganet adalah dimana lokasi KKN dalam ceritaKKN di Desa Penari. Dalam cerita itu, Desa Penari disebutkan berada di sebuah hutan di Jawa Timur.

Warganet pun menduga duga lokasi hutan itu. Berikut sejumlah tempat yang kemungkinan menjadi lokasi dalam ceritaKKN di Desa Penari. (TN Alas Purwo) berlokasi di Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Alas Purwo juga merupakan wilayah Taman Nasional Alas Purwo yakni taman nasional yang terletak di Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia Hutan ini berada di ujung timur Pulau Jawa, luasnya 43.420 Ha. Banyak yang menyebut, Alas Purwo konon merupakan kerajaan jin, tempat di mana semua makhluk halus berkumpul.

Beberapa situs menuliskan bahwa jika sekali tersesat di dalamnya, maka dijamin tidak akan pernah bisa keluar lagi. Kalau pun berhasil, maka hidupnya akan penuh sial. Menariknya, Alas Purwo juga pernah dikaitkan dengan nama Presiden Sukarno.

Soekarno disebut sebut pernah menghabiskan waktunya untuk bersemedi di sebuah gua di sana. Namun, kabar ini tak pernah terverifikasi. Gunung Gumitir merupakan sebuah gunung di perbatasan Kabupaten Jember dengan Kabupaten Banyuwangi. Lokasinya di Kecamatan Silo dan Kecamatan Kalibaru.

Wikipedia menuliskan gunung ini terkadang juga disebut dengan nama Gunung Mrawan. Ada catatan bahwa sejak zaman dulu, jalan raya di Gunung Gumitir telah menjadi jalur penghubung terpendek antara Kabupaten Jember dan Kabupaten Banyuwangi. Gunung Gumitir dipilih sebagai jalur penghubung, karena memiliki ketinggian paling rendah di antara deretan pegunungan yang lain, dari

Gunung Raung (utara) hingga Gunung Kidul (selatan). Masih menurut catatan di wikipedia, wilayah Desa Dadapan didominasi lahan pertanian. Di dekat perkampungan, bagian barat jalan raya, terdapat gudang gudang bekas pabrik yang tidak berfungsi menyusul dinonaktifkannya Jalur Kereta Api Kabat Banyuwangi Lama.

Di wilayah bekas rel ini juga masih terdapat bangunan Stasiun Dadapan yang kini beralih fungsi menjadi rumah warga. Perkampungan warga Desa Dadapan terletak pada susunan gang gang kecil yang terhubung satu sama lain. Namun selain itu, terdapat satu jalan yang cukup besar yang digunakan untuk menuju ke Desa Pondoknongko dan Desa Sukojati.

Selain itu, di perbatasan menjelang Desa Kedayunan terdapat banyak perumahan dan sebuah rest area bernama Istana Gandrung. Banyak dari warganet yang menebak lokasi KKN diadakan, bahkan ada yang membuat investigasi dengan mengunjungi salah satu lokasi yang diduga kuat yakniRowo Bayu. "Ada video yang di upload di Youtube tentang investigasi lokasi Desa Penari ke daerahRowo Bayu, bagaimana tanggapan dariSimpleMan?" tanya Raditya Dika dalam unggahan Youtube nya Jumat (30/8/2019).

Atas hal tersebut, soal lokasiRowo Bayu, lokasi yang sering dikait kaitkan dengan lokasiKKN di Desa Penari,SimpleManberi jawaban tegas bahwa lokasi tidak ada hubungannya denganRowo Bayu. "Saya tegaskan bahwa kejadian ini tidak ada hubungannya denganRowo Bayu. Jadi untuk temen temen dimohon kebijaksanaan, ada yang harus saya jaga salah satunya adalah amanat. Semoga klarifikasi saya membuat teman teman tidak mengkaitkan denganRowo Bayu," jelasSimpleMan. Kemudian dalam akun Youtube Raditya Dika, SimpleMan mengaku menyesal dan meminta maaf atas viralnya kisah yang seharusnya disembunyikan serta meminta maaf jika atas viralnya kisahKKN di Desa Penaritermasuk orang yang dia jadikan narasumber yang juga merasa terganggu akan viralnya kisah dia.

SimpleMan tak menyangka bahwa tulisannya akan menghebohkan warganet, Ia tidak mempunyai niat apapun hanya ingin mengangkat cerita tersebut menjadi pembelajaran mahasiswa yang ingin melakukan KKN agar selalu menjaga tatakrama dan menjunjung tinggi adat istiadat setempat. "Dimana bumi dipijak, di situ langit dituju. Saya pribadi mohon maaf bila menyinggung cerita ini menimbulkan kehebohan yang awalnya tidak saya sangka sebelumnya. Dan saya sebagai penulis semoga ada hikmah yang bisa diambil dari cerita ini," jelas SimpleMan. SimpleMan juga memberi tanggapan terkait jawaban dari netizen yang menebak nebak soal lokasi.

SimpleMan pun akhirnya menjawab jika ada tebakan netizen yang menjawab benar, tidak lebih menjelaskan lebih lanjut lagi. "Dan bila ada pertanyaan apakah ada tebakan yang benar, saya cuma akan menjawab ada," tegas SimpleMan.

Tugas dan pendidikan ialah mengusahakan agar anak tidak mempunyai anggapan keliru bahwa kebaikan sama dengan bersikap loyo dan kejahatan sama dengan bersikap giat.

Lifestyle

Penting! Harus Dihindari Saat Menghilangkan Noda Baju Sifon

Avatar

Published

on

Penting! Harus Dihindari Saat Menghilangkan Noda Baju Sifon

Memakai pakaian dengan bahan yang lembut pasti akan memberi kenyamanan. Sifon merupakan bahan yang yang sering menjadi pilihan ketika harus membuat pakaian pesta. Karakter bahannya lembut dan ringan. Gaun dari bahan sifon tampak elegan dan mewah. Tetapi apabila terkena noda akan sangat disayangkan. Noda baju sifon dapat dihilangkan dengan cara khusus dan harus berhati-hati.

Baju sifon sangat lembut dan tidak boleh sembarangan dalam perawatannya. Bahkan ketika mencucinya harus benar-benar berhati-hati agar sifon tidak rusak. Perlakuan yang sedikit kasar dapat membuat pakaian menjadi sobek. Oleh karena itu yang paling aman adalah menguceknya pelan jika terkena noda menggunakan tangan. Namun jika bersih dan tidak terkena noda cukup mencelupnya di air yang berisi detergen.

Pakaian yang terkena noda apalagi jika cukup banyak dan terlihat pasti akan mengurangi rasa percaya diri. Penampilan yang awalnya keren menjadi tidak berani menampakkan diri lagi. Untuk membersihkan noda di pakaian yang berbahan sifon membutuhkan perlakuan lembut. Ada beberapa perlakuan yang harus dihindari jika ingin menghilangkan noda pada baju sifon agar tidak merusaknya.

Mengucek dan Memeras Dengan Keras

Mengucek pakaian yang terkena noda mungkin akan membantu menghilangkannya secara cepat. Tetapi tidak begitu jika ada noda di pakaian berbahan sifon. Sifon memiliki karakter kain yang lembut sehingga jika menguceknya terlalu keras dapat merusak tekstur kain. Cara menghilangkan noda pada pakaian berbahan sifon dapat mengoleskan deterjen anti noda sedikit dan digosok pelan memakai jari.

Begitu pula apabila memeras pakaian sifon dapat membuatnya rusak atau malah sobek. Untuk menghilangkan kelebihan air setelah dicuci dapat ditekan di antara 2 handuk tebal sehingga air diserap oleh handuk.

Mencuci di Mesin Cuci

Noda baju sifon yang terlalu bandel tidak perlu dicuci di dalam mesin cuci dan cukup memakai tangan saja. Mesin cuci yang meggiling dan memutar akan merusak pakaian berbahan sifon. Sebagaimana diketahui bahwa bahan sifon dapat mudah kusut, sobek dan mengkerut. Oleh karena itu pencucian menggunakan mesin cuci sangat tidak disarankan.

Menjemur di Sinar Matahari Langsung

Ketika menjemur pakaian berbahan sifon tidak perlu di bawah sinar matahari langsung. Bahan sifon yang ringan cukup diangin-anginkan saja dan sebaiknya tidak terkena sinar matahari secara langsung. Sinar matahari dapat mengubah dan memudarkan warna pada pakaian berbahan sifon.

Menjemur di Gantungan

Menjemur menggunakan gantungan mungkin dimaksudkan agar pakaian menjadi lebih cepat kering. Tetapi untuk pakaian berbahan sifon sebaiknya menjemur memakai gantungan dihindari karena dapat menyebabkan pakaian menjadi melar. Bahkan pakaian dapat berubah bentuk dan tidak nyaman ketika dipakai lagi. Untuk menjemurnya dapat diletakkan di bagian datar saja. Pakaian dari bahan sifon sangat mudah kering sehingga menjemur dengan diletakkan sudah dapat kering.

Menambahkan Pewangi Pakaian

Terkadang setelah mencuci pakaian selalu diberi pewangi pakaian dengan tujuan agar lebih harum. Tetapi ternyata jika pemilihan pewangi kurang tepat maka dapat merusak tekstur pakaian. Ada pula pewangi yang malah memberi noda di permukaan pakaian. Jika ingin pakaian berbahan sifon wangi dapat memilih bahan pewangi pakaian yang khusus untuk sifon. Sekarang di pasaran sudah tersedia pewangi yang dibuat khusus seperti pakaian sifon. Pilihlah yang bahannya paling ringan.

Merawat baju yang berbahan khusus seperti sifon tidak boleh sembarangan agar tidak merusaknya. Noda baju sifon dapat dihilangkan dengan cara khusus yang lembut dan tidak kasar. Selain itu harus dihindari perlakuan yang justru dapat merusaknya.

Continue Reading

Lifestyle

Taurus di Urutan Pertama Mereka Setia pada Pasangan 6 Zodiak yang Tak Bakat Berselingkuh

Avatar

Published

on

Kebiasaan seseorang untuk berselingkuh biasanya disertai dengan kebohongan. Seseorang akan berusaha untuk menutupi perselingkuhannya dengan bermacam kebohongan agar tidak ketahuan. Tapi ternyata ada lho beberapa zodiak yang tidak pintar berbohong dan tidak bakat selingkuh!

Sifat dasar Taurus adalah suka bersikap adil, apa adanya dan tidak suka menyimpan atau berurusan dengan rahasia. Jujur adalah sifat alami yang melekat pada diri seorang Taurus. Taurus terkenal sebagai orang yang jujur apalagi kepada pasangannya.

Mereka tidak akan berbohong dan berselingkuh di belakang pasangannya dan lebih memilih jujur jika memang ada masalah yang harus diselesaikan. Sebagai seseorang yang perfeksionis, Virgo merasa sebuah kebohongan akan merusak harga dirinya. Mereka akan bersikap adil dan walaupun sekeras apapun mencoba, akan selalu gagal saat berbohong.

Walaupun tidak langsung blak blakan seperti Taurus dan menunggu waktu yang tepat untuk mengungkapkan kejujuran, Virgo tetap tidak pandai untuik berbohong. Saat Virgo mencoba untuk berbohong, sikapnya ini bisa sangat terlihat oleh pasangannya. Mau selingkuh? Baru memiliki niat saja Virgo sudah akan ketahuan.

Rata rata Scorpio adalah orang yang memiliki pemikiran dewasa, jadi berbohong bukanlah gaya mereka. Mereka tidak suka omong kosong karena semua hal harus diungkapkan kebenarannya. Sekali saja berbohong, Scorpio akan merasa pikirannya sangat terbebani.

Hanya dengan jujur, Scorpio bisa membuat hati dan pikirannya menjadi tenang. Ilustrasi perasaan menjadi tenang dnegan jujur (freepik.com) Sagitarius Berpura pura menjadi orang lain dan jenin kebohongan lainnya bukanlah cara hidup seorang Sagitarius.

Bagi Sagitarius, jika seklai berbohong maka selanjutnya mereka akan menutupi kebohongan itu dengan kebohongan yang lain, hal inilah yang tidak disukai oleh mereka. Mereka tidak suka berpikir rumit demi kebohongan kebohongan itu. Seorang Sagitarius suka berbicara dan bersikap apa adanya dengan santai.

Kebohongan hingga kini menjadi hal yang tidak bisa dimengerti oleh seorang Capricorn. Para Capricorn selalu heran mengapa ada orang orang yang suka berbohong. Bahkan ketika dihadapkan pada suatu masalah, Capricorn memilih untuk mengatakan kebenaran dan berani menghadapi konsekuensinya.

Kejujuran tampaknya menjadi bagian dari pribadi seorang Pisces. Bahkan saat dihadapkan pada situasi yang memaksanya untuk berbohong, hati nuraninya akan mendoronya untuk berkata jujur. Mungkin karena Pisces biasanya polos, mereka berbicara apa adanya yang ada di pikiran mereka.

Apalagi soal urusan menyelingkuhi pasangan, Pisces tidak berbakat!

Continue Reading

Lifestyle

Cara Merawat Hijab Buttonscarves Asli agar Awet

Avatar

Published

on

Cara Merawat Hijab Buttonscarves Asli agar Awet

Bagi hijaber, punya beberapa hijab dalam satu warna mungkin hal yang wajar ya. Bahkan keluar model apa pasti ingin langsung membelinya. Namun hijab juga membutuhkan perawatan yang tepat ya, termasuk dengan hijab Buttonscarves asli. Jenis hijab seperti ini butuh perawatan yang benar, bukan asal cuci jemur dan setrika saja ya. Anda juga bisa merawatnya dengan tips di bawah ini!

Cuci Menggunakan Tangan

Sebaiknya sebisa mungkin mulailah untuk membuat prioritaskan  mencuci hijab menggunakan cara manual. Manual? Mencucinya menggunakan tangan tanpa mesin cuci, meskipun Anda sudah biasa menggunakan mesin. Tujuannya adalah agar hijab tidak mudah rusak.

Bahan pada hijab umumnya memiliki sifat yang lembut jadi akan sangat mudah rusak jika dicuci memakai mesin. Jika memang Anda terpaksa memakai mesin cuci, maka sebaiknya masukkan hijab terlebih dulu pada kantung. Kantung ini berfungsi agar hijab tidak bersentuhan langsung dengan mesin.

Pisahkan Hijab

Hijab yang berwarna cerah serta gelap sebaiknya dicuci dengan memakai wadah atau tempat  berbeda. Hal ini perlu dilakukan agar mencegah risiko lunturnya warna gelap. Jika susah tercampur, maka warna hijab pun jadi berubah dan berantakan. Tentunya akan sulit untuk mengakalinya.

Gunakan Air Dingin

Ingatlah agar hijab awet dan tahan lama sebaiknya Anda  menggunakan air dingin setiap kali akan mencuci hijab. Pasalnya air hangat memiliki sifat yang lebih keras. Secara otomatis risiko merusak serat kain juga akan semakin tinggi.

Kurangi Pemakaian Detergen

Jika Anda mencuci, selalu pastikan untuk memakai sedikit detergen. Pemakaian deterjen berlebihan ternyata hanya akan menjadikan hijab rusak. Selain itu, busa yang banyak juga akan membuat Anda sulit saat membilasnya.

Hindari Pemakaian Pemutih

Jangan pernah pakai cairan pemutih untuk menghilangkan noda yang terdapat hijab. Cobalah  pakai bahan dari cuka sebagai pengganti cairan pemutih. Cuka apel memiliki manfaat untuk mengurangi intensitas noda membandel.

Jangan Diperas

Pada saat menjemur hijab, usahakan jangan peras hijab dengan kekuatan terlalu keras sampai bahan jadi keriting. Peras saja secara perlahan supaya tidak merusak serat dari kain. Jika hijab Anda terbuat dari bahan sutra, maka bentangkan secara lebar pada atas handuk tebal. Gulung, lalu peras perlahan-lahan.

Jemur di Luar

Sebisa mungkin,  proses penjemuran dilakukan luar ruangan. Angin akan menjadikan hijab Buttonscarves kering secara sepenuhnya sehingga akan mengurangi risiko dari tumbuhnya jamur serta bau apek. Namun, pastikan jika Anda tidak menempatkan hijab pada bagian bawah sinar matahari langsung sebab akan menjadikan warnanya pudar.

Bentangkan Hijab

Anda bisa menjaga ketahanan dari bentuk hijab, dengan cara  menjemur hijab pada posisi terbentang dan mendatar. Menjemur hijab  menggunakan jemuran gantung nantinya justru akan menjadikan hijab melar.

Setrika

Pada saat Anda hendak menyetrika hijab, pakailah temperatur  paling rendah  dahulu. Setrika juga terlalu panas agar tidak membuat hijab jadi kisut. Bahan dasar seperti kain sutra sebaiknya juga disetrika saat hijab dalam keadaan masih lembap.

Hindari Kamper

Jangan pernah memakai bola kamper di dalam lemari yang digunakan untuk penyimpanan hijab. Kamper nantinya hanya akan menimbulkan bau kurang sedap. Pilihlah pewangi lemari dengan bentuk sachet dan aroma segar. Wewangian yang dipilih sesuai dengan selera Anda.

Jika Anda ingin hijab Buttonscarves selalu awet maka pastikan jika mengikuti beberapa cara yang ada di atas. Dengan beberapa cara yang benar akan menjadikan warna hijab awet dan kain yang digunakan juga tetap dalam kondisi baik.

Continue Reading

Trending